MEWARNAI POSTER ABJAD BAHASA ISYARAT (bagian 1)

Bukan hanya untuk “anak-anak khusus”, baik sekali jika kita juga mulai mengajarkan anak-anak kita simbol-simbol dan abjad bahasa isyarat sejak dini Bukankah itu akan membantu mereka nantinya dalam berkomunikasi dengan saudara-saudara kita yang menggunakan bahasa isyarat semacam ini.

SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (SIBI) untuk:

Penyandang Cacat

1.    Karena keterbatasan komunikasi dan kemiskinan bahasa yang dialami penyandang Cacat Rungu Wicara. maka penyandang cacat rungu wicara perlu mengetahui bahasa isyarat yang dapat membantu memperlancar komunikasi baik bagi dirinya maupun keluarga dan Iingkungan masyarakat.
2.    Dengan memakai Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Penyandang cacat Rungu Wicara lebih mudah berkomunikasi mengembangkan dirinya, bakat dan minat yang dimilikinya. Untuk meyakinkan kepada Iingkungan masyarakat bahwa sosok penyandang Cacat Rungu Wicara masih mempunyai potensi, kemauan dan kemampuan yang dapat dikembangkan.

Keluarga :

1.    Keluarga penyandang Cacat Rungu Wicara harus berupaya untuk bisa berkomunikasi dengan anaknya sehingga mereka dapat mengetahui apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh penyandang Cacat Rungu Wicara.
2.    Keluarga Penyandang Cacat Rungu Wicara harus menyadari betapa pentingnya komunikasi sebab tanpa komunikasi yang baik akan sangat berpengaruh bagi perkembangan kemajuan penyandang Cacat Rungu Wicara.
3.    Upaya-upaya yang dapat ditempuh cleh orang tua / keluarga penyandang Cacat Rungu Wicara antara lain adalah perlu mengetahui dan mempelajari Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI).

Masyarakat :

1.    Penyandang Cacat Rungu Wicara adalah bagian dari anggota masyarakat, oleh sebab itu mereka juga mempunyai hak / kesempatan yang sama di masyarakat. Mereka tidak boleh diisolirkan atau dibedakan. Mereka dengan kemampuan yang dimiliki ingin menampilkan agar bisa diterima oleh lingkungan / masyarakat.

2.    Masyarakat hendaknya juga bisa menerima mereka dengan keberadaannya. Masyarakat perlu meningkatkan kepeduliannya dan ikut mendukung dan memfasilitasi kebutuhan penyandang Cacat Rungu Wicara.

3.    Salah satu upaya yang harus ditempuh oleh anggota masyarakat yaitu bisa berkomunikasi dengan penyandang Cacat Rungu Wicara yaitu mempelajari Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI).

Jika para orang tua / keluarga maupun anggota masyarakat ingin berusaha lebih mengerti bagaimana cara berkomunikasi dengan penyandang Cacat Rungu Wicara, dalam tayangan SIBI ini kami sajikan materi pelajaran sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) yang dapat diterapkan dalam percakapan sehari-hari dengan penyandang Cacat Rungu Wicara.

ISYARAT ABJAD JARI

Abjad Jari SIBI
Abjad Jari SIBI
Abjad Jari SIBI
Abjad Jari SIBI


Keterangan Penggunaan Abjad Jari  :

1.      Digunakan untuk mengisyaratkan nama orang

2.      Digunakan untuk mengisyaratkan nama-nama daerah/kota

3.      Digunakan untuk mengisyaratkan nama-nama benda yang belum mempunyai isyarat

Selain SIBI, juga dikenal Bahasa Isyarat yang berstandar American dan British. Berikut ini gambar poster Bahasa Isyarat Amerika dan British berwarna dan juga sketsa hitam putihnya untuk diwarnai bersama anak-anak.

Selamat mencoba! Tuhan Yesus memberkati Anda.

(Jangan lupa baca kelanjutan tulisan ini: Abjad bahasa Isyarat (Amerika) dan Abjad Bahasa Isyarat (British).


One thought on “MEWARNAI POSTER ABJAD BAHASA ISYARAT (bagian 1)

  1. hallo nama saya Ketut Ari dari Denpasar

    menarik sekali saya membaca artikel yang membahas mengenai tuna rungu-tuna wicara tersebut.

    kalau ada info lagi mohon sekali agar sharing ke email saya juga ya

    karena saya tertarik sekali menambah wawasan tentang hal tersebut dan kebetulan saya juga memiliki seorang keponakan yang tuna rungu dan tuna wicara, dan saya ingin sekali suatu hari nanti ingin sekali mengajar di SLB kalau ada materi lagi mohon di share ke saya ya

    berharap sekali

    terima kasih

    Tuhan memberkati🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s